oleh

4 Alasan Basi Orang Tidak Ingin Bisnis Online

Apa Anda pernah mendengar bisnis online? Kalau belum pernah dengar bisnis online berarti Anda kurang update 🙂

Apa sih arti bisnis online itu sendiri? Bisnis online adalah bisnis yang bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer, laptop ataupun smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Bisnis online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asal kita memiliki jaringan internet. Bisnis online tidak memerlukan kantor, cukup pakai kolor, baju kaos, kita bisa mendapatkan uang yang langsung ditranser ke rekening kita asal dilakukan dengan konsisten.

Sepertinya terdengar mudah ya, tapi tidak semudah itu menjalankan bisnis online dan mendapatkan uang.

Tapi, juga tidak sesulit yang Anda pikirkan mengenai bisnis online, tidak seperti bisnis menjual tradisional yang membutuhkan banyak sarana seperti toko, produk dan modal yang tidak sedikit. Bisnis online bisa dilakukan hanya dengan modal yang sangat minim yaitu smartphone dan kuota internet Anda bisa langsung berbisnis online.

Padahal ada banyak jenis bisnis online yang bisa Anda coba hanya dengan modal yang minim, Anda bisa membaca artikel sebelumnya mengenai bisnis online yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan smartphone ini.

Makanya heran saja kalau banyak orang beralasan tidak bisa bisnis online karena alasan yang tidak masuk akal.

Kali ini Bicaradigital akan merangkum alasan-alasan basi orang tidak mau bisnis online?

1. Gaptek alias gagap teknologi

Saya gaptek nih. Apa bisa saya ikutan bisnis online.”

Gampang! Belajar, cari tahu dan pelajari. Di zaman informasi saat ini tidak ada yang tidak bisa dipelajari, asal ada kemauan. Tidak ada yang namanya orang pintar tanpa belajar. Smeua butuh proses belajar terus menerus hingga menguasai apa yang dipelajari.

Anda Gaptek karena tidak atau belum pernah belajar. Pebisnis online yang sekarag sukses juga dulu sama gapteknya, berkat kerja keras akhirnya mereka berhasil mencapai kesuksesan.

Saat ini Anda mau belajar apa saja ada di internet, lewat situs google dan youtube Anda bisa mempelajari semua yang ingin Anda tahu. Anda tinggal ketik mau video tutorialnya ada di Youtube, mau tulisannya ada di Google. Termasuk belajar bisnis online, ada di Google dan Youtube, tinggal ketik dan tonton.

Terlalu banyak informasi mengenai bisnis online?

Belajarlah ke mentor yang sudah berpengalaman di bisnis online, Anda bisa mencarinya telebih dulu dan mempelajari ilmu yang diberikannya.

Tapi, Anda harus tetap hati-hati. Pilihlah mentor yang suka berbagi ilmu secara gratis atau berbayar, telusuri rekam jejaknya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda tidak salah dalam memilih mentor, dengan belajar dari mentor, Anda bisa mempercepat kesuksesan dalam bisnis online.

Alasan gaptek hanya untuk orang yang tidak mau belajar. Maka dari itu belajarlah dan nikmati prosesnya, maka suatu saat Anda akan menertawakan alasan tidak masuk akal ini.

2. Tidak punya waktu

“Aduh, saya  gak ada waktu nih.”

“Capek nih habis kerja, jadi gak ada waktu”

Apa benar tidak ada waktu? Atau hanya sebuah alibi saja karena tidak ada kemauan dari diri Anda.

Jika memang benar tidak ada waktu, kenapa Anda masih ada dan masih bekerja. Coba Anda pikirkan lagi.

Pertanyaa waktu menjadi penting, kenapa?

Masih banyak diantara kita dalam kesehariannya cuma nonton tv acara alay dan gak jelas atau cuma menonton video di Youtube tapi tidak menghasilkan apa-apa.

Bayangkan, Anda nonton hiburan ada waktu, tapi untuk belajar bisnis online kok bisa tidak ada waktu.

Padahal kalau dipikir kita punya waktu sama 24 jam dalam sehari. Ada tidaknya waktu tergantung dari masing-masing individu bagaimana memannfaatkan waktu dengan baik. Kalau Anda ingin hidup berubah korbankan kesenangan kita untuk mempelajari dan melakukan kegiatan yang bermanfaat demi kemajuan diri.

3. Hape low spek

Alasan basi selanjutnya adalah perangkat hape yang dimiliki punya spek rendah. Alasan ini tidak masuk akal.

Apa pun hape Anda kalau masih bisa internetan berarti anda bisa belajar bisnis online, misalnya belajar bisnis jualan online. Cukup hape yang ada kuota internetnya, Anda bisa akses youtube dan google untuk pelajari bisnis online.

Intinya pakai yang ada dulu sarana yang Anda miliki untuk belajar. Kalau Anda nunggu sampai Anda punya semuanya untuk mulai belajar, maka Anda tidak akan pernah belajar.

4. Bingung mulai belajar darimana

“Bingung ni, mulai belajar darimana ya”

Helo!!! Di Internet banyak sekali ide bisnis online yang bisa Anda coba pelajari.

jadi, Jangan karena Anda bingung mau mulai belajar bisnis online, terus Anda tidak jadi belajar.

Tentukan bisnis online apa yang ingin Anda coba kerjakan. Dulu tarif internet mahal dan hape smartphone juga mahal, jadi mungkin susah untuk belajar bisnis online. Dan juga dulu jaringan akses belum memadai.

Kalau sekarang Anda tinggal cari digoogle tentang usaha atau bisnis online yang anda minati, kemudian pelajari dulu seluk beluknya. Ada banyak mentor bisnis online berpengalaman yang bisa Anda ikuti. Pilihlah pebisnis online  bukan hanya menjual kata-kata tapi juga harus ada actionnya atau study casenya, sehingga tidak seperti membeli ilmu dalam karung yang belum jelas apa isinya.

Banyak jenis bisnis online yang bisa Anda mulai pelajari walaupun hanya modal hape dan paket internet. Contoh studi kasusnya :

  • Jika Anda hobi menjual barang, maka pelajari cara menjual barang online melalui marketplace seperti lazada atau shopee
  • Jika Anda punya bakat dalam bidang desain atau programer, maka cobalah cari digoogle cara menjual jasa bakat Anda secara online.
  • Jika Anda pintar membuat video atau menulis, maka cari digoogle cara bisnis online google adsense melalui youtube dan blog atau web.
  • Studi kasus lain masih banyak sih sesuaikan dengan hobi atau bakat anda.

Ok, Kalau sekarang Anda sudah mengerti kenapa alasan-alasan tidak masuk akal alias basi diatas sudah Anda baca dengan baik, maka mulai sekarang Anda harus action dan lupakan semua alasan diatas. Salam damai!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed