oleh

5 Trik Hapemu Tetap Ngebut

Hai bro and sis.

Tahukah anda bahwa semua smartphone Android saat baru pertama kali beli biasanya ngebut dan lancar saat dipakai baik multitasking ataupun main game pada awalnya saja tapi lama-kelamaan smartphone Android anda akan berjalan lambat, bahkan hal ini terjadi pada smartphone flagship. Untuk itu perlu smartphone anda perlu perhatian sederhana agar tetap ngebut saat dipakai.

1. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Anda pasti pernah mengunduh aplikasi menarik perhatian anda di Playstore tapi hanya dipakai beberapa saat kemudian kita tidak pernah pakai lagi. Aplikasi seperti itu dapat menghambat smartphone anda. Jangan ragu segera hapus aplikasi yang tidak lagi anda butuhkan karena semua aplikasi mengumpulkan cache dan data yang semakin lama semakin banyak dan dapat menghambat smartphone anda.

2. Hapus file yang tidak penting

Saya yakin banyak dari anda tidak sadar sudah mengumpulkan banyak foto dan file yang sebenarnya tidak penting ada di smartphone anda dan banyak file foto yang tertimbun di dalam memori baik berupa foto hasil jepretan kamera hasil hunting dan selfie anda, screenshot layar hape yang bejibun, belum lagi file unduhan anda yang terkadang tidak penting, cek juga video dan musik yang tidak penting segera hapus, jangan lupa hapus juga file-file yang terunduh dari whatsapp dan backupnya yang biasanya memakan banyak memori internal. Anda bisa menginstal aplikasi tambahan seperti ponsel master untuk mengetahui file apa saja yang sebaiknya anda hapus.

3. Bersihkan cache data aplikasi

Cache merupakan data yang tersimpan di aplikasi fungsinya ketika kita membuka aplikasi maka sistem langsung mengenali data yang tersimpan di dalamnya. Tapi cache data sering menumpuk, menyebabkan bugs serta lama-lama memberatkan smartphone anda . Buka settings-device storage-aplikasi, cari cache data dan hapus cache tapi jangan hapus data aplikasi.

4. Bersihkan Memory External

Jika smartphone Android anda memakai memori eksternal maka disarankan untuk membersihkan micro SD cardnya dengan cara memformat memory, cabut memory dari gadget android anda dan masukkan dilaptop, backup terlebih dahulu data memory anda ke harddisk, kemudian format dan memory tersebut. setelah itu pindahkan lagi data bakcup yang ada dihardisk ke micro SD sambil cek file apa saja yang tidak dibutuhkan lalu dihapus.

5. Lakukan Factory Reset

Kalau semua cara sudah dilakukan tapi smartphone masih lelet, maka sudah waktunya anda melakukan factory reset atau hard reset sekalian. Cara melakukannya sebenarnya cukup mudah tapi pastikan dulu anda sudah backup semua penting data anda, cara umumnya untuk reset android seperti ini :

  1. . Tekan dan tahan bersamaan tombol On dan Volume Up/atas hingga muncul menu recovery tapi beberapa smartphone ada yang berbeda dengan On+Vol. Up+Vol. Down, ada yang hanya On dan Vol. Silahkan disesuaikan atau lihat tutorial singkat digoogle atau youtube.
  2. Setelah anda masuk menu recovery, klik ke arah wipe data/factory reset lalu eksekusi.
  3. Tunggu sampai proses reset selesai, kemudian restart hp anda dan selesai. Dijamin hape anda kembali fresh dan ngebut.

Itulah beberapa cara sederhana dan mudah dilakukan tapi cukup ampuh untuk membuat smartphone Android anda ngebut seperti ketika pertama kali beli.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed