oleh

8 Hal Tanpa Kita Sadari Dapat Merusak Laptop

-Teknologi-289 views

Laptop merupakan bagian dari revolusi teknologi komputer yang dulunya sangat populer pada saat baru awal-awal ditemukan, dan saat ini anak muda lebih akrab dengan laptop dari pada komputer dikarenakan kemudahannya dan flexibilitasnya yang tinggi dibandingkan dengan komputer yang hanya bisa dipakai dirumah.

Dengan mobilitasnya yang tinggi ini pula banyak anak sekarang yang kurang paham bagaimana memperlakukan laptop dengan baik. Jika anda ingin laptop anda bisa awet, ada beberapa hal dibawah ini yang harus anda perhatikan.

1. Pakai laptop di atas kasur

Memang nyaman memakai laptop diatas kasur tapi kalau mau laptop anda awet, lebih baik jangan dilakukan. Hal sepele seperti ini yang sering kita lakukan tanpa disadari karena mungkin bosan mengerjakan tugas atau browsing interent hanya duduk di meja.

Mungkin sesekali kamu pernah menggunakan kasur atau bantal sebagai alas laptop atau saat kamu menggunakan laptop dengan posisi telungkup di atas kasur memang asyik karena bisa lebih santai. Tapi hal ini tidak baik untuk laptop anda jadi sebaiknya dihindari.

2. Perhatikan suhu laptop jangan sampai kepanasan

Anda yang memililiki laptop perlu memperhatikan suhu laptop dan suhu di sekitarnya. Apabila kondisi ruangan panas berpengaruh pada laptop karena dapat mempercepat panas pada laptop, jangan sampai mengakibatkan laptopmu overheat. Overheat atau panas yang berlebih dapat menyebabkan hardware mengalami kerusakan, sebaiknya diperhatikan.

3. Hindari laptop terkena sinar matahari langsung

Apabila anda sedang beraktifitas diluar ruangan dengan mengunakan laptop untuk bekerja, sebisa mungkin hindari laptop anda terkena cahaya matahari langsung, karena laptop sensitif terhadap cahaya matahari dan dapat menyebabkan komponen laptop rentan mengalami kerusakan. Sebaiknya cari tempat yang terhindar dari matahari langsung apabila berada diluar ruangan, untuk menjaga laptop anda tetap awet dan tidak cepat rusak.

4. Charger laptop jangan sampai baterai drop

Kebanyakan orang men-charge laptop ketika baterai sudah tinggal 5% atau bahkan laptop sudah mati karena baterai kosong, hal ini tidak baik untuk laptop anda. Sebaiknya charge laptop anda meskipun baterai masih belum habis untuk menjaga agar ketika anda ingin menggunakan diluar ruangan baterai laptop penuh dan tidak repot mencari colokan listrik.

Usahakan untuk charge laptop ketika baterai hampir habis yakni mencapai 10 persen.  Jangan pula charge laptop jika baterainya masih di atas 30 persen karena baterai laptop memiliki batas sirkulasi pengisian untuk setiap baterai.

5. Jangan asal download sofware di internet

Perawatan dari dalam perlu dilakukan agar memori penyimpanan laptop anda tetp baik dan tidak penuh atau terkena virus karena asal download software dari internet. Internet memang memudahkan kita mendapatkan software yang anda inginkan, mungkin secara fisik (dalam bentuk CD) susah kita dapatkan, tapi anda tetap harus berhati-hati dalam mengunduh, karena virus mengancam laptop anda dan akan berpotensi merusak sistem yang bekerja di dalam perangkat laptopmu.Download aplikasi dari situs terpercaya, lebih baik lagi jika anda membayar lisensi software demi keamanan jangka panjang laptop anda.

6. Jangan jadikna laptopmu tempat alas.

Kebiasaan ini salah satu hal yang tanpa sadar sering kita lakukan. Meskipun saat ini pembuat tas selalu meletakkan kantong laptop tepat di bagian belakang punggung, jika anda ingin menaruh tas sebaiknya posisi laptop selalu diatas. Posisi meletakkan tas dengan laptop di bawah dapat menyebabkan laptop akan terbebani  meskipun hanya buku jadi tetap letakkan tas dalam kondisi menghadap ke atas. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari laptop anda dari kerusakan dan layar laptop anda tetap terlindungi dari beban.

7. Jangan pegang laptop pada layarnya

Hal seperti ini mungkin sering kita lakukan pada saat terburu-buru, tidak jarang dari kita mengangkat laptop hanya pada layarnya saja, entah apa maksudnya mungkin untuk mempersingkat waktu atau malas mengangkat bagian bawah laptop. Padahal kebiasaan seperti itu tidak baik untuk laptop anda karena layar laptop anda terancam kerusakan, bisa jadi pecah atau tiba-tiba hitam  ketika dinyalakan, jadi sebaiknya hentikan kebiasaan seperti itu meskipun laptop anda ringan dan sanggup hanya dengan mengangkat layarnya saja. Hal itu berdampak buruk pada komponen engsel dan LCD laptop.

8. Usahakan bawa laptop dengan pelindungnya

Banyak dari kita kebiasaan membawa laptop di dalam ransel tanpa pelindung menyebabkan laptop bersentuhan dengan benda didalam ransel, jika terpaksa pisahkan laptop dan pastikan jangan anda benda lain didalamnya. Hal ini untuk melindungi laptop anda dari lecet apabila terjadi benturan dengan meja/kursi  yang mungkin tidak dapat dihindari. Jadi lebih baik memakai pelindung laptop agar tetap terjaga dengan baik.

Sebisa mungkin rawatlah laptopmu dengan baik agar tetap dalam kondisi yang baik dan tidak rusak. Salam damai!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed