oleh

8 Situs Fotomu Bisa Menghasilkan Uang

Fotografi merupakan hobi yang sangat mengasyikkan bagi kebanyakan orang karena bisa mengabadikan momen-momen berharga, bahkan fotografer merupakan profesi yang sangat menjanjikan di abad 20 karena anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dari hasil fotografi melalui online asal anda tahu caranya. Salah satu caranya adalah dengan menjual foto hasil jepretan anda secara online. Berikut ini 7 situs online terkenal yang dapat memberikan anda penghasilan dari foto yang anda upload :

1. Istockphoto.com

Situs jual beli foto ini didirikan oleh Bruce Livingstone pada bulan Mei tahun 2000 kemudian Februari 2006 iStock diakuisisi oleh Getty Images. Merupakan situs jual beli foto melalui online yang tertua juga sangat populer dikalangan fotografer dunia, anda juga bisa ikut menjual hasil foto jepretan anda dengan harga yang bervariasi. Istockphoto menerapkan komisi hingga 15% untuk setiap foto anda yang diunduh oleh orang. Namun, untuk anda yang berminat menghasilkan uang melalui istockphoto ada beberapa tes awal yaitu mengirim 3 gambar untuk masing-masing kategori.

2. Shutterstock.com

Saat ini hampir semua orang sudah mengenal situs ini, karena kepopulerannya yang kerap menjadi pilihan utama untuk mencari uang tambahan dari unggahan gambar anda. Shutterstock adalah situs microstoc terbesar tingkat penjualannya. Shutterstock didirikan oleh Jon Oringer merupakan seorang programmer, fotografer, dan pengusaha Amerika. Untuk sistem komisi yang diberikan Shutterstock yaitu komisi sebesar 20% hingga 30% dari harga penjualan foto yang di unggah. Tapi skema pendapatan ini berbeda-beda tergantung dari member tersebut langganan harian, on demand, atau enhanced license.

3. Fotolia.com

Situs jual beli foto yang satu ini juga terkenal dan populer didirikan oleh tiga orang yaitu Oleg Tscheltzoff, Thibaud Elziere, Patrick Chassany pada tahun 2005.
Komisi setiap foto yang terjual anda akan menerima royalti sebesar 20% hingga 60% ketika foto anda diunduh oleh member, dan komisi sebesar 0,25 sampai 0,40 kredit untuk unduhan oleh pelanggan, besaran komisi yang diperoleh juga tergantung pada tipe member tersebut.

4. Stockfresh.com

Stockfresh.com didirikan oleh Peter Hamza and Andras Pfaff ditahun 2010. Melalui situs ini anda juga bisa menjual hasil jepretan anda untuk mendapatkan komisi yang lumayan besar setiap foto anda di unduh sekitar 50% – 60%, anda juga akan mendapatkan komisi lebih apabila pembeli sudah berlangganan. Stockfresh.com juga menggunakan sistem affiliate jadi anda juga bisa memanfaatkannya apabila foto anda tidak diunduh dan lebih memilih foto orang lain, anda akan tetap mendapatkan komisi 10% melalui link anda

5. 123RF.com

123rf didirikan oleh Andy Sitt, Stephanie Sitt adalah agen konten saham yang didirikan pada tahun 2005 yang menjual gambar bebas royalti. Merupakan salah satu situs jual beli foto paling populer yang menerapkan sistem pembayaran komisi dengan persentase mencapai 60% dari harga jual. Selain komisi unggahan foto anda juga bisa memperoleh komisi sebesar 0,43% untuk setiap pembeli mengunduh gambar.

6. Alamy.com

Alamy merupakan lembaga fotografi yang diluncurkan pada tahun 1999 didirikan oleh James West, Mike Fischer. Di situs ini anda bisa menemukan lebih dari 100 juta foto yang dijual dalam berbagai kategori mulai dari pemandangan, travelling, wildlife, budaya, dll. Alamy akan memberikan anda royalti sampai 60% untuk setiap foto anda yang terjual dan keunggulan dari situs stock foto ini yaitu anda masih diperbolehkan menjual kembali foto-foto anda ditempat lain.

7. Freedigitalphotos.net

Komisi yang diberikan situs ini terbilang sangat berani karena bisa memberi komisi sebesar sampai 70% untuk setiap foto anda yang di unduh dimulai dari $3. Situs ini sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual foto karya anda.

8.Bigstock.com

Situs jual beli foto yang satu ini anda akan mendapatkan uang sekitar $0.50 hingga $1.00. Tapi jika yang didownload foto spesial maka member bisa mendapatkan $60 per foto yaitu foto-foto untuk brand produk dan kepentingan komersial. Secara umum komisinya hingga 30% untuk setiap foto yang diunduh menggunakan extended license.

Itu dia beberapa situs jual beli foto online yang bisa anda coba untuk menghasilkan uang dengan mengunggah foto hasil jepretan anda, tapi wajib hasil karya sendiri dan juga dengan kualitas yang tinggi juga. Salam damai!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed