oleh

Hindari 5 Hal Ini Supaya Gak Rugi Beli Smartphone

Saat ini hampir dipastikan setiap orang memiliki smartphone yang kini menjadi salah satu barang paling berharga dan penting serta wajib dimiliki, bahkan ada sebagian orang yang rela ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphonenya. Teknologi smartphone yang saat ini banyak beredar sudah banyak berevolusi dari tahun ke tahun, bahkan perubahannya sangat signifikan.

Mulai dari sektor bagian luar dan dalam seperti tampilan desain yang semakin mewah, dan bagian dalam software yang semakin baik untuk mendukung aplikasi yang memang membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Selain itu, banyaknya brand baru yang bermunculan juga menambah variasi pilihan smartphone saat ini. Maka dari itu, memilih smartphone saat hendak membeli menjadi sesuatu yang tidak bisa dianggap remeh.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda ingin membeli smartphone. Berikut ini kami berikan 5 tips dan saran mengenai smartphone supaya gak rugi saat beli smartphone.

1. Spesifikasi Rendah

Kinerja smartphone yang baik yang dihasilkan smartphone yang ingin anda beli menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan dengan baik supaya anda tidak salah beli. Spesifikasi smartphone yang rendah dapat menyebabkan kinerja yang buruk, masalah loading akan anda dapati jika membeli smartphone spesifikasi rendah.

Usahakan membeli smartphone dengan RAM 2GB keatas karena saat ini banyak aplikasi yang memakai RAM banyak dan itu dapat memberatkan kinerja smartphone anda jika smartphone anda memiliki RAm yang rendah atau dibawah 2GB, aktivitas multitasking smartphone anda akan lancar jika RAM anda besar.

Ukuran aplikasi dan game saat ini juga sangat besar sehingga membebani smartphone anda, untuk itu hindari membeli smartphone jika penyimpanan internalnya yang masih 16GB atau dibawahnya. Spesifikasi dari sebuah chip juga menentukan seberapa baik smartphone anda saat digunakan, untuk itu pilihlah smartphone yang menggunakan spesifikasi chip terbaru.

2. Versi Android Lama

Versi android menjadi salah satu indikator dalam menentukan baik atau buruknya smartphone yang ingin anda beli dapat dilihat dari versi dari Android-nya. Pastikan smartphone yang ingin anda beli memiliki versi Android 6.0 atau ke atas, jika dibawah itu adalah versi android yang sudah lawas.

Hal ini sangat perlu diperhatikan karena aplikasi saat ini semaki update dengan menggunakan versi android yang juga semakin update, jika android anda tidak menggunakan versi terbaru maka dipastika anda tidak akan dapat menginstal aplikasi terupdate.

Brand-brand saat ini sudah jarang melakukan update OS dalam sebuah smartphone, sehingga sangat kecil kemungkinannya anda mendapatkan pembaruan OS versi android smartphone anda. Dan lebih urgen lagi apabila smartphone anda tidak mendapatkan pembaruan OS membuat smartphone anda rentan terhadap serangan malware atau virus jahat.

3. Fitur Standar Tidak Lengkap

Kelengkapan fitur standar smartphone saat ini juga perlu diperhatikan dan dapat dijadikan tolak ukur keitka ingin membeli smartphone. Cek terlebih dahulu fitur dasar seperti sensor-sensor yang dimiliki seperti gyroscope,sensor magnet, sidik jari yang ada di smartphone yang ingin anda beli.

Beberapa hal tadi merupakan fitur-fitur standar saat ini yang sangat penting untuk smartphone masa kini. Ketersediaan fitur keamanan seperti sensor fingerprint dan juga face unlock juga perlu anda perhatikan. Fitur ini memang bukan keharusan namun sensor keamanan fingerprint bisa sangat membantu anda dari waktu ke waktu.

4. Kualitas Kamera Jelek

Kamera smartphone saat ini menjadi senjata utama bagi brand-brand ternama dalam penjualannya, untuk memenuhi kebutuhan user milenial yang haus akan jepretan kamera smartphone, baik untuk kebutuhan selfie maupun hanya untuk pamer.

Saat ini sulit menemukan smartphone dengan kualitas kamera yang baik dengan harga terjangkau, untuk itu lebih baik cari tahu lebih dulu spesifikasi kamera smartphone yang ingin anda beli di Google agar tidak menyesal kemudian hari.

Pastikan anda mencoba dan melihat dulu seberapa bagus kualitas kamera dari smartphone tersebut sebelum anda beli. Perlu anda ketahui, ukuran megapiksel dan jumlah lensa smartphone tidak dapat dijadikan patokan hasil dari kamera tersebut bagus, jadi dengan mencoba dan menilainya adalah cara yang terbaik untuk melihat hasil kemampuan kamera smartphone.

5. Brand Tidak Dikenal

Perlu anda ketahui terlebih dulu bahwa tidak semua brand yang tidak pernah anda dengar dan ketahui merupakan smartphone yang buruk, namun selalu ada image dan gambaran baik bagi brand yang sudah dikenal ketika ingin anda beli smartphone.

Bagi anda yang kurang mengerti di dunia smartphone, lebih baik anda memilih smartphone dari brand ternama yang anda ketahui. Popularitas dan nama besar dari brand smartphone, tidak akan mengkhianati kualitas dari produk yang dijualnya.

Sehingga, pilihan terbaik dan aman adalah dengan membeli smartphone dari brand dengan reputasi yang baik. Hal ini juga memudahkan anda jika terjadi suatu masalah dengan smartphone anda karena brand ternama di Indonesia rata-rata sudah memiliki official store resmi dan tempat service resmi untuk memudahkan anda.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib anda perhatikan jika anda ingin membeli smartphone supaya tidak menyesal kemudian hari. Salam Damai!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed