oleh

Kenapa Harga Paket Internet Indonesia Mahal? Baca ini…

-Teknologi-150 views

Internet kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari dan ketika kehabisan kuota internet tanpa sadar anda pasti pernah mengeluh mengenai harga kuota data di Indonesia yang cenderung mahal. Kenapa bisa demikian?

Kenyataan bahwa kuota data di Indonesia memang mahal, tarif yang ditetapkan provider yang cenderung mahal terkadang membebani pengguna internet. Tapi beberapa provider ada yang menyedialan harga, terjangkau, tapi.. Ada tapinya nih?

Biasanya kecepatan internetnya dikurangi sehingga banyak yang mengeluh kecepatan internetnya lambat dan tidak stabil. Untuk beberapa orang yang sadar mungkin tidak masalah, yah.. Harga sesuai kulitas, mungkin begitu pikirnya. Untuk itu ada baiknya kita ketahui bersama bahwa ada alasan kenapa internet di indonesia itu bisa mahal. Berikut ini seperti yang bicaradigital rangkum, beberapa alasan tersebut :

1. Biaya Infrastruktur di Indonesia Mahal

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar, banyaknya pegunungan membuat kontur tanah tidak rata. Luas wilayah serta kontur tanah yang “tidak rata” mengharuskan provider menambah banyak menara jaringan untuk mencover luas area.

Tidak cukup sampai disitu ya, biaya untuk ongkos tenaga kerja dan maintenance juga dibutuhkan untuk menunjang pembangunan infrastruktur yang baik. Perlu anda diketahui, bahwa butuh ratusan bahkan miliaran rupiah untuk ekspansi internet ke pelosok negeri.

2. Biaya operasional rutin provider

Seperti bisnis pada umumnya, provider internet membutuhkan biaya operasional rutin yang wajib untuk setiap hari,bulan dan tahunnya. Hal itu difungsikan untuk menjaga layanan internet tetap berjalan dengan baik.

Mulai dari gaji para karyawan, perbaikan dan perawatan infrastruktur diperlukan biaya untuk memastikan layanan berjalan dengan stabil dan cepat.

Biaya tak terduga lainnya juga mereka perlukan dikarenakan resiko bencana alam yang tinggi di Indonesia, provider harus memperhitungkan resiko dari bencana alam, mereka akan dengan cepat memperbaiki layanan apabila terjadi kerusakan.

3. Biaya koneksi internasional mahal

Saat ini di Indonesia lagi trend akses situs media sosial besar yang berasal dari luar negeri, seperti Facebook, Google, Twittter dan teman-temannya, merupakan alasan tepat provider jaringan internet di Indonesia harus tersambung dengan server luar negeri.

Perlu anda ketahui bahwa biaya sambungan internasional ini tidak murah, mereka harus mengeluarkan uang ratusan juta hingga milyaran rupiah supaya anda sebagai pengguna internet bisa mengakses situs yang servernya berada di luar negeri.

4. Biaya sewa frekuensi sangat mahal

Setiap provider yang menyewa spektrum frekuensi radio diwajibkan membayar biaya yang dibayar di muka pada setiap tahunnya dan disetor ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Biayanya tidak murah untuk layanan internet GSM 3G atau CDMA EVDO, dan kini mulai beralih ke jaringan 4G dan ke depannya akan menyambut 5G dan tentu saja akan semakin mahal biayanya.

5. Berkurangnya pengguna Telepon dan SMS

Kami yakin orang-orang dan bahkan anda sendiri sudah jarang menggunakan telepon dan SMS untuk berkomunikasentah karena alasan mahal atau sudah tidak menarik lagi makannya beralih ke aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, BBM, dan lainnya.

Banyak keunggulan serta kemudahannya dalam mengirim pesan, telepon bahkan video call dengan aplikasi membuat pengguna banyak beralih menggunakan aplikasi dan inj juga membutuhkan paket data internet untuk mengaksesnya.

Kita hanya perlu memiliki kuota data untuk mengaksesnya, dan semua fitur sudah bisa anda manfaatkan termasuk mengirimkan pesan, telepon hingga bertatap muka melalui video call. Alasan ini juga yang membuat provider untuk memutar otak ketika pendapatan provider dari SMS dan telepon menurun, salah satu jalan termudahya dengan menaikkan harga paket data untuk mendapatkan keuntungan.

6. Biaya penelitian dan pengembangan mahal

Dengan semakin berkembangnya zaman maka diperlukan pengembangan untuk mengimplementasikan teknologi dari luar negeri, mereka memerlukan penelitian serta uji coba terlebih dahulu agar tidak gagal dan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Memerlukanbiayay ratusan dan bahkan milyaran rupiah untuk mengimplementasi teknologi jaringan agar bisa digunakan di Indonesia.

Masih banyak alasan lainnya tapi 6 alasan tadi kami rasa sudah mewakili penyebab harga paket data di Indonesia mahal. Jadi, sekarang anda tahukan kenapa harga paket internet  mahal bila dibandingkan dengan negara tetangga.

Salam Damai!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed