oleh

Fakta! Dampak Teknologi Anak Sekarang dan Anak 90an

-Teknologi-173 views

Teknologi, anak sekarang dan anak 90an

Tidak bisa dipungkiri lagi teknologi yagn saat ini berkembang membentuk cara berpikir seseorang baik sengaja maupun tidak disengaja. Teknologi bisa saja menguntungkan dan merugikan tergantung bagaimana orang tersebut memanfaatkannya, belum lama ini banyak penelitian menyatakan bahwa kemajuan teknologi yang begitu pesat dapat mempengaruhi kemampuan berpikir anak apabila tidak diawasi penggunaannya. Hal ini dikarenakan otak anak mereka masih dalam tahap berkembang dan mudah dibentuk serta dipengaruhi hanya dari apa yang anak lihat.

Hanya dengan melihat teknologi yang sekarang ada, otak seorang anak dapat dengan cepat terpacu dan terpengaruh pada hal yang bermanfaat untuk perkembangannya atau malah memperburuk perkembangannya. Contoh yang paling mudah adalah ketika anak membuka aplikasi video youtube yang banyak mengandung konten dewasa, jika tidak diawasi dengan benar oleh orang tua maka anak akan terpapar oleh konten yang tidak seharusnya dilihat oleh anak.

Seorang penulis teknologi yang terkenal Nicholas Carr, menjelaskan

Jika dengan mengajari anak membaca mendorong otak anak untuk menjadi fokus serta imajinatif. Tapi, hanya dengan mengakses Internet anak bisa memperkuat kemampuan otaknya untuk memindai informasi cepat dan efisien.

Pada dasarnya efek teknologi pada anak itu rumit namun akan kelihatan dalam jangka waktu yang lama. Teknologi bisa jadi problema orang bukan hanya dikarenakan efeknya yang langsung menyerang anak tapi juga berpengaruh pada kehidupan sosial anak tersebut terhadap lingkungan dan keluarga, contohnya teknologi smartphone yang saat ini digandrungi bukan hanya orang dewasa, bahwa pada kenyataannya anak yang berusia kurang dari 3 tahun sudah lebih lihai dari orang tua dalam mengoperasikan smartphone. Bahkan anak sekarang lebih happy bermain dengan smartphone daripada bermain dengan teman-temannya. Sebenarnya cukup miris tapi inilah kekuatan teknologi yang wajib diantisipasi oleh orang tua untuk menentukan hubungan anak-anak dengan teknologi serta orang disekitarnya ada pada awal kehidupan mereka.

Perbedaan sangat kontras terjadi pada generasi sebelumnya yaitu generasi 90an yang mengenal handphone belum ada sebutan smartphone waktu itu saat berusia 18 tahun keatas, itupun baru mengenal bagaimana cara SMS,telvon kemudian beranjak belajar mengakses internet kemudian cara chating didunia maya. Anak tahun 90an lebih banyak diarahkan untuk membaca, berimajinasi, dan belajar bagaimana menjadikan ingatan kuat. Hal yang lucu adalah dulu orang berlomba-lomba untuk menghafal nomor telpon orang lain. Berikut ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan anak tahun 90an sebelum tergantikan dengan teknologi yang membuat anda ingin bernostalgia :

1. Dulu kamu pasti sering telepon temanmu pakai telepon umum

Kamu rela berdiri lama-lama demi bisa pakai telepon umum dan kontak temanmu, padahal cuma mau ngobrol hal yang tidak penting. Dulu uang receh sangat berarti tidak seperti sekarang yang cuma jadi hiasan jendela rumah atau jadi koleksi karena telpon umum butuh uang receh untuk bisa memakainya walaupun cuma beberapa menit.

2. Main monopoli dulu sampai lupa waktu, Kalau sekarang?

Permainan monopoli membutuhkan beberapa orang agar permainan menjadi seru, jadi pasti seru karena selalu ramai-ramai mainnya. Kalau sekarang sih mainnya bareng-bareng tapi sendiri-sendiri, lho? Maksudnya mainnya tetap bareng tapi pake hape sendiri-sendiri. Apalagi main mobile legend atau PubG yang lagi tenar, bilangnya sih ngumpul tapi sibuk dan teriak sendiri-sendiri kan gak seru.

3. Keliling komplek Naik Sepeda

Siang sore malam keliling kompleks naik sepeda, bahkan niat pinjam sepeda teman cuma ingin keliling kompleks sama teman-teman. Orang tua sampai marah-marah karena gak pulang-pulang lupa makan lupa tidur siang, sekarang anak 2000an takut keluar rumah karena panas dan jadi hitam kulit, sekarang kebanyakan orang tua nyuruh anaknya supaya keluar kamar supaya gak main game dihape terus.

4. Belum ada internet, jadi ngirim sms mama minta pulsa

Sebelum ada internet, pulsa adalah kebutuhan pokok anak 90an padahal cuma untuk sms dan telvon gak penting, kalau habis ya minta mama beliin pulsa, merepotkan tapi bikin kangen nostalgia. Sekarang setelah ada internet gak pernah isi pulsa tapi isi paket data kuota internet.

5. Suka sama teman kelas kirim surat.

Dulu yang bikin kangen itu kalau ingat pernah suka sama teman kelas tapi belum punya hape untuk komunikasi, terpaksa pakai surat yang titip sama teman kayak mak comblang. Atau nunggu teman kelas pulang semua terus ngasih suratnya sembunyi-sembunyi dibelakang kelas, lucu tapi bikin kangen.

Nah beberapa hal tadi yang dikangenin anak 90an, sekarang teknologi mengubah segalanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed