oleh

Tips Membeli Hape Bekas Biar Gak ketipu

-Gadget, Tips-97 views

Beberapa Tips Membeli Hape Bekas

Zaman sekarang ini kita sudah sangat dimudahkan dalam hal membeli barang termasuk ketika akan membeli barang elektronik terutama Hape. Tidak sedikit dari kita yang tergiur dengan harga murah dari para penjual online di marketplace seperti olx, shopee,bukalapak, tokopedia,lazada, dll. Namun tidak sedikit dari kita yang merasa tertipu ketika sudah terlanjur klik beli dan membayar barang tersebut kemudian ketika barang sudah ditangan kita baru menyesalinya karena tidak sesuai dengan ekpektasi yang diharapkan. Kenapa? karena kita tidak memahami bagaimana cara membeli sebuah barang agar tidak merasa tertipu penjual online. Nah, berikut ini ada beberapa tips agar ketika kita membeli barang melalui online tidak merasa tertipu dan sesuai ekspektasi.

1. Cek Spesifikasi

Setiap tahun spesifikasi hape semakin meningkat dikarenakan kebutuhan space aplikasi yang semakin besar. Maka wajib bagi anda untuk mengecek spesifikasi hape yang ingin anda beli melalui google dengan mengetik kata kunci, misal : “spesifikasi hape oppo A 3” nah. Untuk sekarang ini spesifikasi minimal hape untuk kebutuhan browsing dan buka aplikasi memerlukan ram 2GB dan memori internal 16GB, sedangkan untuk spesifikasi hape gaming lebih disarankan memiliki spesifikasi ram 3 atau 4 GB standar dan memori internal 32 GB.

Untuk lebar layar terserah anda, tapi resolusinya minimal 720p atau 1.080p agar lebih nyaman dimata. Chipset yang digunakan juga harus diperhatikan, apakah kelas atas atau menengah, dan jangan terlalu jadul. Untuk chipset yang yang terkenal saat ini adalah qualcom snapdragon dan untuk menengah kebawah biasanya memakai mediatek. Dan hal penting lainnya yaitu update sistem operasi, maka carilah smartphone yang menjanjikan update Android 7.0 Nougat, 8.0 Oreo atau 9.0 Pie.

2. Cek Kondisi Fisik

Fisik menjadi hal yang pertama perlu anda periksa, pastikan bodi hape terlihat mulus dan sesuai deskripsi yang penjual tulis. Kalau ternyata tidak sesuai dan ada yang lecet bahkan cuil atau pecah jangan diterima, lebih baik dibatalkan daripada anda yang rugi dan menanggung resiko dikemudian hari.

3. Usahakan Cari Barang yang Masih Garansi

Ketika membeli barang usahakan yang masih bergaransi, dan kalau bisa cari yang garansinya masih lama dan baru dipakai beberapa bulan. Kalau smartphone incaran kamu susah banget dicari yang masih garansi, setidaknya carilah yang baru habis masa garansinya. Jadi bukan smartphone yang sudah lama, hal ini untuk meminimalisir kerusakan yang ada pada hape yang ingin anda beli.

4. Harga yang Wajar

Harga murah belum tentu benar adanya, jadi lebih baik searching terlebih dahulu untuk melihat harga-harga pasaran hape incaran anda. Jadi jangan terburu-buru membeli hape meskipun anda melihat harga hape murah yang ingin anda beli. Biasanya setiap hape bekas akan ada harga bekas yang menjadi patokan, tetapi jika harga tersebut justru jauh dari harga patokan, anda perlu mewaspadainya. Mungkin saja hape tersebut KW alias palsu atau sudah rusak parah, atau malah hanya kedok penipu, sehingga harganya di bawah rata-rata.

5. Pilih Sistem Transaksi yang Aman

Saat ini ada banyak rekening bersama yang memungkinkan belanja online menjadi lebih aman dan nyaman tanpa batasan wilayah, jadi anda bisa bernapas agak lega ketika bertransaksi dengan penjual di seluruh Indonesia. Tetapi kalau anda masih khawatir soal kondisi barang atau keamanan lebih baik pilih saja sistem COD (Cash On Delivery). Anda bisa membuat janji lebih dulu untuk ketemu, pastikan mencari tempat yang aman dan ramai. Jangan di pinggir jalan, pilih saja cafe atau warung makan. Kalau anda belum pengalaman, ajaklah teman yang sudah mengerti untuk membantu mengecek hape bekas yang ingin anda beli.

6. Cek Kelengkapan dan Semua Fungsi

Sebelum memutuskan untuk membayar cek lebih dulu deskripsi dan kelengkapan, apakah sudah sesuai dengan keterangan dari penjual. Cek IMEI di HP dan kotak, lalu sesuaikan. Pastikan juga, kelengkapan aksesori originalnya. Berikut cek fisik yang harus anda lakukan :

– Cek tombol Home, tombol Power, Volume. Pastikan masih berfungsi dengan baik. Karena, komponen tersebut mudah rusak.

– Cek keaslian earphone denga ts untuk mengetahui fungsinya dengna baik.

– Cek adapter charger dan USB, pastikan berfungsi dan masih kencang.

– Cek jack audio dan pastikan tidak putus-putus suaranya.

– cek speaker dan microphone, pastikan suaranya normal dan tidak pecah. Jika pecah, bisa jadi hape tersebut pernah jatuh atau kerendam air.

– Cek dan tes kamera hape depan dan belakang pastikan tidak buram dan tidak ada baret dilensa kamera.

– Cek respon layar, pastikan tidak break layar atau macet.

– Cek Konektivitas hape dengan cara mencoba browsing, menggunakan wifi dan data seluler, dan lihat sinyal hape pastikan normal.

Tips ini bisa anda pakai untuk ketika ingin membeli hape bekas melalui online maupun offline. Salam damai!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed