oleh

Waspada! Ini dia Ciri-ciri Toko Online dan Testimoni Palsu

-Teknologi, Tips-190 views

Belanja online saat ini menjadi primadona sendiri terutama bagi kaum hawa dan ibu-ibu, kebanyakan mereka belum terlalu paham membedakan mana toko yang asli dan yang palsu. Hal ini tentu saja menjadi sasaran empuk para penjahat online. Berikut ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ingin membeli produk melalui toko online maupun marketplace.

1. Alamat website gratisan

Biasanya toko online penipu tidak menggunakan alamat website dengan domain berbayar. misalnya, .com, .co.id, tapi hanya menggunakan website gratisan bahkan banyak hanya menggunakan blog dengan alamat belakangnya .blogspot,.wordpress. Jadi perhatikan terlebih dulu alamat website sebelum melihat yang lain.

2.Harga Diskon tidak wajar

Harga merupakan kekuatan pelaku penipuan dengan menawarkan harga diskon besar-besaran yang tidak wajar, bahkan diluar logika. Untuk itu anda sebaiknya anda terlebih dahulu googling mengenai harga wajar dari suatu produk jika ingin membeli melalui online, misal ingin membeli hape bekas. ketikkan digoogle dengan kata kunci “harga baru dan bekas hape xxx”

3. Anti memakai rekening bersama dan COD (Cash on delivery) atau bayar ditempat

Lebih baik anda pilih rekening bersama jika ingin membeli barang, karena sistem rekening bersama adalah ketika anda membeli barang, anda mentransfer uang kepada pihak ketiga bukan langsung kepada pembeli, dan ketika produk telah sampai baru anda mengkonfirmasi kepada pihak ketiga untuk mentrasnfer uang yang anda kirim sebelumnya ke penjual online. Hal ini dapat mengantisipasi penipu online karena jika barang tidak sampai maka anda dapat menarik kembali uang tersebut dari pihak ketiga rekening bersama. Tapi jika anda belum paham rekening bersama lebih anda memilih untuk COD atau bayar ditempat, jadi anda bisa langsung tahu bagaimana kondisi produk yang ingin anda beli.

Untuk itu sangat penting bagi anda yang ingin berbelanja online untuk melihat penilaian orang lain terhadap produk yang dijual. Di website toko online yang saat ini sudah mulai menjamur tersedia kolom komentar testimoni yang bisa anda lihat bagaimana kualitas dari produk tersebut. Testimoni juga akan meningkatkan rating serta kepercaaan pelanggan dari suatu toko online maka banyak diantaranya membuat testimoni-testimoni palsu. Nah, untuk itu sebaiknya kita perlu mengetahui ciri-ciri testimoni palsu agar tidak terjebak ketika ingin membeli produk melalui online. Berikut ini ciri-cirinya :

1. Bahasa testimoninya Lebay dan Berlebihan

Cara mengetahui testimoni palsu yang paling gampang adalah dengan melihat dari bahasanya yang dilebih-lebihkan, karena sesuatu yang dilebih-lebihkan tidak akan baik. Contohnya ketika anda ingin membeli produk pelangsing badan dan anda melihat testimoni seperti ini
“Baru 3 hari minum, badan saya langsung turun 10 kilo”
Testimoni seperti itu sudah pasti tidak masuk akal dan sudah pasti palsu!

2. Kalimatnya testimoni sama dengan toko sebelah

Biasanya para pelaku malas membuat testimoni yang berulang-ulang, cara gampangnya mereka tinggal copas alias copy paste ditoko sebelah kata-kata dan gambarnya kemudian pasang lagi di toko yang lainnya, di marketplace juga banyak yang seperti itu untuk mendongkrak popularitas dan rating toko online.

3. Nama dan foto profil asal ada

Terus bagaimana cara melihat testimoni mana yang asli dan yang palsu? Anda bisa memeriksa profil yang memberikan testimoni, yang asli biasanya nama profil lengkap dan foto juga bukan asal-asalan. Kalau yang palsu biasanya tidak ada foto profilnya, nama profil juga asal-asalan.

4. Nulis nama produk berulang-ulang

Banyak toko online palsu menggunakan testimoni palsu dengan menyebutkan nama produknya berulang-ulang, mungkin maksudny supaya sekalian promosi karena mesin pencari google lebih menyukai artikel atau tulisan yang ada feedbacknya.

Nah, itu dia 4 ciri-ciri testimoni palsu yang harus anda waspadai sebelum memutuskan untuk membeli produk melalui toko online atupun market place. Jadi ketika anda ingin berbelanja online dimarketplace tokopedia atau bukalapak, usahakan jangan terburu-buru. Anda bisa lebih dulu melihat penilaian rating serta komentar orang lain yang sudah pernah membeli produk tersebut, dari situ anda bisa menyimpulkan apakah produk tersebut layak untuk dibeli. Salam damai!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed